Blogger Widgets Jenis - jenis Virus ~ Mostoples Blog

2014-04-21

Jenis - jenis Virus


Seiring perkembangan teknologi terutama komputer ,virus semakin bertambah banyak ,semakin cerdas dan memiliki berbagai karakteristik yang berbeda - beda .Saat ini virus dikelompokan menjadi 9 jenis yaitu:




Worms

Diciptakan oleh Robert T.Morris tahun 1984 .Merupakan program yang berbahaya (malicious software/malware) ,worms di kalangan pecinta komputer dianggap sedikit berbeda dengan virus tetapi termasuk jenis virus karena memiliki karakteristik menyebar dengan cepat ke seluruh jaringan komputer, tetapi worms lebih cepat menginfeksi daripada virus itulah yang membedakan worms dan virus, worms juga dapat menyembunyikan diri dan memodifikasi program lain. Tahun 2005 worms buatan Indonesia yaitu Rontokbro menyebar ke jaringan komputer dan menempati urutan pertama sebagai worms yang paling banyak menyebar di Indonesia, tidak hanya Indonesia negara luar pun juga ikut terinfeksi worms seperti Amerika(AS/USA) ,Polandia ,Spanyol , Jepang ,Vietnam ,Belanda ,Hungaria Swedia ,Peru ,Rusia ,dan Israel .Beberapa situs yang terinfeksi worms yaitu www.kaskus.com www.17tahun.com ,www.israel.gov.il dan www.fajarweb.com(website ini sudah nggak ada) sehingga worms masuk daftar PC viruess in the wild(virus paling liar) dari 2005 - 2006.

Cara penyebaran worms

  • Memerlukan campur tangan pengguna dalam penyebarannya misal doble klik pada flashdisk.
  • Menyebar dengan sedikit campur tangan pengguna misal e-mail saat di buka worms langsung menyebar ke berbagai jaringan yang terkoneksi dengan jaringan saat itu.


Macro

Virus macro menyerang sebuah document microsoft word yang extension DOT(document template) dan DOC(document) jika macro sudah menginfeksi document yang terbuka bersama dengan dokumen yang lainnya , maka document lainnya juga akan terinfeksi contoh : mellisa

Virus boot sector

Sesuai dengan namanya yaitu boot ,virus ini menyerang boot sector asli kemudian menggantikannya menjadi boot sector virus, sehingga saat terjadi boot virus dapat mengendalikan hardware(hardisk, printer, dll) misal : monitor tidak hidup, hardisk tak dapat di akses , laptop restart sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan antivirus kalau saya menganjurkan pakai avast karena dapat booting scan hingga secara keseluruhan

Stealth Virus 

Virus ini menyerang DOS ( DOS merupakan operasi sistem yang mengendalikan output dan input data, memori, menegement file, dan lain - lain) sehingga sangat berbahaya bagi komputer, mempunyai kemampuan untuk mengendalikan instruksi - instruksi level DOS
jika sudah terkena virus ini sebaiknya di instal ulang OS - nya  dan tak ada salahnya mencoba untuk menggunakan antivirus yang terbaru.

Polymorphic virus

Dirancang untuk mengecoh antivirus dan strukturnya selalu berubah sehingga susah dikenali.

Virus file/Program

Dari diantara virus, virus ini yang paling merepotkan, karena menyerang sebuah program ber extensi *.EXE, program asli yang terinfeksi dapat rusak dan dapat berkembangbiak hingga ratusan program, biasanya program yang diserang berukuran kecil sekitar 1 - 500 KB. Program lain dapat terinfeksi jika saat membuka program yang terinfeksi dengan program lain dan satu folder dengan yang terinfeksi contoh program yang terinfeksi:

cheat.exe
cheatt.exe
cheattt.exe
cheatttttttt.exe

Virus di atas sering disebut Macromediaflash, ketika virus ini dihapus maka akan muncul lagi, jika ingin menghapus virus ini cobalah menggunakan avast, hehehe kenapa saya anjurkan avast dari tadi, karena yang saya punya cuman avast :v tapi dijamin ampuh. Jika cara tersebut kurang ampuh, ya instal ulang aja hehehe

Multi particion virus 

Merupakan virus gabungan boot sector dan virus file, jadi menginfeksi program exe dan boot sector. waaaw perlu waspada dengan virus ini.

Trojan Horse 

Sesungguhnya Trojan tidak termasuk virus karena tidak dapat menggandakan diri, Trojan dimasukan ke dalam RATS (remote acess trojan) dimana sebuah komputer yang terinfeksi dapat dikendalikan dari jauh jika dalam keadaan online. Trojan digunakan oleh para hacker untuk memata - matai, mencuri password, paypal, e-gold, bitcoin, debit,dan beberapa informasi pribadi. Untuk mengantisipasi berinternet lah dengan mengunjungi situs yang sehat.

Spyware 

Hampir sama dengan Trojan tetapi spyware masuk secara diam - diam dan dapat memasuki jaringan komputer lebih dalam sehinnga dapat mengakses kamera maupun hardware yang lain.


Nah sekian itu saja artikel yang saya sampaikan semoga bermanfaat, minta koment nya ya!


1 comments:

Unknown said...

Keren vroh blognya :)
Terus kunjungi blug ane ya :3
BTW ane mau belajar ngeblog juga

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons